ACCESS DOOR

Access Control merupakan sebuah alat / sistem yang digunakan sebagai kunci pintu electronic (Access Door) dengan menggunakan akses Kartu ID dengan strip magnetik, Kode PIN, Sidik Jari, RFID ataupun wajah sebagai kunci verifikasinya. Sistem Access Control atau solusi Access Door memungkinkan Anda untuk dengan mudah hanya mengizinkan akses ke area perusahaan yang diperlukan untuk masing-masing karyawan secara individual. Terdapat 2 jenis access control system: standalone system dan network system (package). Kategori ini juga meliputi berbagai biometric system / attendance system: sebagai mesin absensi sidik jari atau fingerprint access control system

Fungsi Access Control

Fungsi utama dari access control ini adalah untuk membatasi hak akses setiap individu, untuk masuk dalam suatu ruangan di waktu tertentu, sehingga dapat mengamankan ruangan dalam dari orang yang tidak berkepentingan atau orang asing yang tidak memiliki hak akses untuk dapat masuk dengan leluasa ke ruangan tersebut. Ditinjau dari format implementasinya, sistem Access Control atau solusi Access Door umumnya dibagi ke dalam 2 fungsi, yaitu:

  1. Sebagai Door Access Management, sebagai pembatasan hak akses seseorang ke dalam suatu pintu atau ruangan
  2. Sebagai Attendance System, sebagai mesin absensi karyawan

Oleh karena kedua aplikasi ini berbeda dalam sifat dan penerapannya, maka apabila kita ingin menggabungkannya ke dalam satu sistem (dengan satu software), maka diperlukan perencanaan dan persiapan yang matang. Terlebih lagi jika jumlah karyawannya cukup banyak dan pintu keluar masuknya pun bervariasi..